laguku

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CC4QFjAA&url=http%3A%2F%2Flirik.kapanlagi.com%2Fartis%2Fost_full_house%2Fi_think_i_love_you&ei=

Minggu, 07 April 2013

kerajaan majapahit


KERAJAAN MAJAPAHIT

Majapahit adalah sebuah kerajaan kuno di Indonesia yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada masa kekuasaan Hayam Wuruk yg berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. Majapahit menguasai kerajaan-kerajaan lain di semenanjung Malaya Borneo Sumatra Bali dan Filipina. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Semenanjung Malaya dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Kekuasaan terbentang di Sumatra Semenanjung Malaya Borneo hingga Indonesia timur meskipun wilayah kekuasaan masih diperdebatkan.
Proses berdirinya majapahit
Sesudah Singhasari mengusir Sriwijaya dari Jawa secara keseluruhan pada tahun 1290 Singhasari menjadi kerajaan paling kuat di wilayah tersebut. Hal ini menjadi perhatian Kubilai Khan penguasa Dinasti Yuan di Tiongkok. Ia mengirim utusan yang bernama Meng Chi ke Singhasari yang menuntut upeti. Kertanagara penguasa kerajaan Singhasari yang terakhir menolak untuk membayar upeti dan mempermalukan utusan tersebut dengan merusak wajah dan memotong telinganya. Kublai Khan marah dan lalu memberangkatkan ekspedisi besar ke Jawa tahun 1293. Ketika itu Jayakatwang adipati Kediri sudah membunuh Kertanagara. Atas saran Aria Wiraraja Jayakatwang memberikan pengampunan kepada Raden Wijaya menantu Kertanegara yang datang menyerahkan diri. Raden Wijaya kemudian diberi hutan Tarik. Ia membuka hutan itu dan membangun desa baru,desa itu dinamai Majapahit yg nama diambil dari buah maja dan rasa “pahit” dari buah tersebut. Ketika pasukan Mongolia tiba Wijaya bersekutu dengan pasukan Mongolia untuk bertempur melawan Jayakatwang. Raden Wijaya berbalik menyerang sekutu Mongol sehingga memaksa mereka menarik pulang kembali pasukan secara kalang-kabut krn mereka berada di teritori asing. Saat itu juga merupakan kesempatan terakhir mereka untuk menangkap angin muson agar dapat pulang atau mereka harus terpaksa menunggu enam bulan lagi di pulau yg asing.
Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja yaitu pada tanggal 10 November 1293. Ia dinobatkan dgn nama resmi Kertarajasa Jayawardhana. Kerajaan ini menghadapi masalah. Beberapa orang terpercaya Kertarajasa termasuk Ranggalawe Sora dan Nambi memberontak melawan meskipun pemberontakan tersebut tak berhasil. Slamet Muljana menduga bahwa mahapatih Halayudha lah yg melakukan konspirasi utk menjatuhkan semua orang terpercaya raja agar ia dapat mencapai posisi tertinggi dalam pemerintahan. Namun setelah kematian pemberontak terakhir (Kuti) Halayudha ditangkap dan dipenjara dan lalu dihukum mati.Wijaya meninggal dunia pada tahun 1309.
Anak dan penerus Wijaya Jayanegara adalah penguasa yg jahat dan amoral. Ia digelari Kala Gemet yg berarti “penjahat lemah”. Pada tahun 1328 Jayanegara dibunuh oleh tabib Tanca. Ibu tiri yaitu Gayatri Rajapatni seharus menggantikan akan tetapi Rajapatni memilih mengundurkan diri dari istana dan menjadi pendeta wanita. Rajapatni menunjuk anak perempuan Tribhuwana Wijayatunggadewi untuk menjadi ratu Majapahit. Selama kekuasaan Tribhuwana kerajaan Majapahit berkembang menjadi lebih besar dan terkenal di daerah tersebut. Tribhuwana menguasai Majapahit sampai kematian ibu pada tahun 1350. Ia diteruskan oleh putra Hayam Wuruk.
Perkembangan kerajaan Majapahit
Hayam Wuruk juga disebut Rajasanagara memerintah Majapahit dari tahun 1350 hingga 1389. Pada masa Majapahit mencapai puncak kejayaan dengan bantuan mahapatih Gajah Mada. Di bawah perintah Gajah Mada (1313-1364) Majapahit menguasai lebih banyak wilayah. Pada tahun 1377 beberapa tahun setelah kematian Gajah Mada Majapahit melancarkan serangan laut ke Palembang menyebabkan runtuh sisa-sisa kerajaan Sriwijaya. Jenderal terkenal Majapahit lain adalah Adityawarman yang terkenal karena penaklukan di Minangkabau.
Menurut Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII-XV daerah kekuasaan Majapahit meliputi Sumatra semenanjung Malaya Borneo Sulawesi kepulauan Nusa Tenggara Maluku Papua dan sebagian kepulauan Filipina. Namun demikian batasan alam dan ekonomi menunjukkan bahwa daerah-daerah kekuasaan tersebut tampak tidaklah berada di bawah kekuasaan terpusat Majapahit tetapi terhubungkan satu sama lain oleh perdagangan yang mungkin berupa monopoli oleh raja. Majapahit juga memiliki hubungan dengan Campa Kamboja Siam Birma bagian selatan dan Vietnam dan bahkan mengirim duta-duta ke Tiongkok.
Keruntuhan kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit yang didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya mulai kehilangan pengaruhnya bersamaan dengan kematian cucunya Hayam Wuruk pada tahun 1389. Setelah kematiannya, suatu periode panjang kekacauan politik tampaknya berlangsung Hal ini juga diperkuat oleh pendapatnya Ricklefs (2008), yang menyebutkan ada beberapa sebab yang menyebabkan runtuhnya Majapahit diantaranya, (1) Perang saudara yang terjadi sekitar tahun 1405-1406 atau yang dikenal sebagai Perang Paregreg, (2) Pemberontakan yang dilakukan oleh seorang bangsawan Majapahit (Bhre Kertabumi) tahun 1468 dan (3) Ekspansi Kesultanan Demak ke wilayah-wilayah Majapahit baik di pesisir maupun pedalaman Pulau Jawa.Perang Paregreg adalah perang antara Majapahit istana barat yang dipimpin Wikramawardhana, melawan istana timur yang dipimpin Bhre Wirabhumi.Sebelumnya diketahui bahwa Kerajaan Majapahit berdiri tahun 1293 berkat kerja sama antara Raden Wijaya dan Arya Wiraraja. Pada tahun 1295, Raden Wijaya membagi dua wilayah Majapahit untuk menepati janjinya semasa perjuangan. Sebelah timur diserahkan pada Arya Wiraraja dengan ibu kota di Lumajang
Pada tahun 1316 Jayanagara putra Raden Wijaya menumpas pemberontakan Nambi di Lumajang. Setelah peristiwa tersebut, wilayah timur bersatu dengan wilayah barat. Namun demikian pada tahun 1401, Istana Timur dan Istana Barat mengalami perselisihan kembali yang kemudian menyebabkan Perang Paregreg. Majapahit Barat berhasil mengalahkan Istana Timur pada tahun 1406 ketika pasukan barat dipimpin Kertawijaya putra Wikramawardhana menyerbu pusat kerajaan timur.Setelah Perang Paragreg, daerah-daerah bawahan di luar Jawa banyak yang lepas tanpa bisa dicegah karena kekuatan militer Majapahit diprioritaskan untuk menghadapi perang saudara. Misalnya, tahun 1405 daerah Kalimantan Barat direbut kerajaan Cina. Lalu disusul lepasnya Palembang, Melayu, dan Malaka yang tumbuh sebagai bandar-bandar perdagangan ramai, yang merdeka dari Majapahit. Kemudian lepas pula daerah Brunei yang terletak di Pulau Kalimantan sebelah utara.
Sebab kemunduran Majapahit lainnya adalah terjadi pemberontakan/kudeta yang dilakukan oleh Bhre Kertabumi terhadap Bhre Pandanalas (Brawijaya IV) pada tahun 1468 yang waktu itu merupakan Raja Majapahit yang ke 10. Bhre Pandanalas mundur menyingkir ke Kediri dan meneruskan pemerintahannya dari sana. Dengan demikian pada saat itu ada dua kekuasaan kembar Majapahit yang berpusat di Trowulan-Mojokerto dan yang berpusat di Kediri.Ketika Bhre Pandanalas wafat pada tahun 1474, ia digantikan oleh putranya Girindawardhana Dyah Ranawijaya. Ia bertekad membalaskan dendam ayahnya kepada Bhre Kertabumi. Tahun 1478 ia menyerang Trowulan-Mojokerto Bhre Kertabumi berhasil dibunuh oleh tentara Ranawijaya dan ia pun naik takhta sebagai Raja Majapahit ke 12 atau menurut Hasan Djafar (2009), Girindawardhana Dyah Ranawijaya adalah sebagai Raja Majapahit terakhir. Keadaan politik Majapahit akibat perang saudara yang berlarut-larut itu menjadi semakin tidak stabil dan menyebabkan kekuatan Majapahit semakin melemah.Berdirinya Kesultanan Demak pada tahun 1478 oleh Raden Patah putra Brawijaya I (Raja Majapahit ke 7) dan ekspansi-ekspansi yang dilakukannya di daerah pesisir dan pedalaman Pulau Jawa, menambah suramnya Kerajaan Majapahit dan menyebabkan terkikisnya kekuasaan Majapahit satu per satu (kecuali Blambangan yang masih dapat bertahan).
Namun secara politik Majapahit sudah lumpuh sekitar tahun 1519. Ini adalah pendapat dari seorang penulis Italia Antonio Pigafetta yang menulis buku ”Primo Viaggio Intorno al Mondo” pada tahun 1922. Dalam bukunya ia menulis,”Magepaher (when its king was alive, he was the most powerful in all those islands, and his name was Raia Patiunus)” yang artinya kurang lebih, ”Majapahit (rajanya yang bernama Pati Unus, ketika masih hidup, ia adalah raja yang paling berkuasa)” Sebagaimana diketahui Pati Unus adalah Sultan Demak II yang memerintah tahun 1518 hingga tahun 1521. Kekeliruan Pigafetta disini adalah, ia mengira Pati Unus adalah salah satu Raja Majapahit.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar